Novak Djokovic menjuarai tunggal putra Wimbledon usai mengalahkan Matteo Berrettini. Hasil ini membawanya menyamai rekor Roger Federer dan Rafael Nadal.

Hanya beberapa jam sebelum final Euro 2020, salah satu turnamen grand slam tenis, Wimbledon, juga menggelar partai puncak di nomor tunggal putra. Duel di nomor paling bergengsi ini memperemukan Novak Djokovic vs Matteo Berrettini.

Berstatus unggulan pertama, Djokovic melaju ke final Wimbledon dengan mengalahkan Denis Shapovalov 3 set langsung di semifinal.

Sementara itu, Berrettini yang merupakan unggulan ketujuh menjadi petenis Italia pertama yang menembus final Wimbledon usai tampil gemilang di semifinal dengan menyingkirkan Hubert Hurkacz.

Kejutan terjadi di set pertama ketika Berrettini yang sempat tertinggal 1-4 dan 2-5 berhasil menyamakan skor menjadi 5-5 dan akhirnya 6-6.

Berrettini pun akhirnya memenangi set pertama dengan skor 7-6 (tie break 7-4). Di set kedua, Djokovic yang sempat unggul 5-1 dikejar Berrettini hingga 5-4. Namun, petenis berjuluk Joker itu berhasil mempertahankan keunggulan dan menutup set kedua dengan 6-4.

Kondisi di set ketiga tak banyak berubah dengan Djokovic tampil lebih dominan dan menutupnya dengan 6-4. Di set keempat, Berrettini sempat dua kali menggagalkan match point Djokovic dalam kondisi 5-3.

Namun, ia gagal menghindar dari match point ketiga setelah backhand-nya gagal menyeberangi net. Novak Djokovic pun memenangi final tunggal putra Wimbledon 2021 dengan mengalahkan Matteo Berrettini  6-7 (4-7), 6-4, 6-4, 6-3.

Samai Rekor Federer dan Nadal Gelar juara Wimbledon 2021 ini menjadi gelar kedua puluh Novak Djokovic di ajang Grand Slam. Bintang tenis Serbia itu pun sukses menyamai rekor dua rival beratnya, Roger Federer dan Rafael Nadal, yang juga mengoleksi 20 gelar tunggal putra Grand Slam.

Secara rinci, Djokovic meraih 9 gelar juara di Australia Open, 2 gelar di French Open, 6 kali juara di Wimbledon, dan 3 kali juara US open.

Tahun ini, ia menyapu bersih 3 Grand Slam yang sudah digelar yakni  Australia Open, French Open, dan Wimbledon. US Open 2021 sendiri baru akan digelar mulai akhir Agustus nanti.

Sumber: Indosport.com